Saturday, December 5, 2015

Manusia Purba di Indonesia, Asia, dan Eropa

Baiklah sobat, kali ini kita akan membahas mengenai Manusia Purba di Indonesia, Asia, dan Eropa. Tak perlu berpanjang kata lagi langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

MANUSIA PURBA DI INDONESIA

Penelitian pada manusia purba di Indonesia dilakukan oleh Eugene Dubois yang pada tahun 1981 menemukan fosil atap tengkorak di trinil. Penemuannya tersebut menjadi bagian yang penting dalam ilmu palaentologi sekaligus mengawali dilakukan penelitian lainnya terhadap manusia purba yang ada di Indonesia.

1. Meganthropus Palaeojavanicus

Meganthropus Palaeojavanicus atau biasa disebut dengan manusia raksasa dari jawa kuno karena memiliki tubuh yang besar dan tegap. Penemunya yaitu G.H.R von Koenigswald pada tahun 1936-1941 di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. Bagian fosil yang ditemukan yaitu rahang bawah, beberapa bagian tengkorak kepala dan gigi geraham. Struktur dari gigi geraham menunjukkan bahwa manusia purba ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Fosil yang ditemukan diperkirakan hidup berkisar satu atau dua juta tahun yang lalu pada pleitosen bawah.

Meganthropus Palaeojavanicus

Ciri-ciri lain dari manusia purba ini yaitu:
  • Mempunyai badan tegap dan besar
  • Memiliki volume otak yang kecil
  • Adanya tonjolan tajam di belakang kepala
  • Memiliki tulang pipi yang tebal
  • Adanya tonjolan kening yang mencolok
  • Tidak mempunyai dagu
  • Mempunyai otot kunyah, gigi serta rahang yang kuat
  • Memakan tumbuh-tumbuhan
  • Ukuran geraham yang lebih besar


2. Pithecanthropus

Manusia Purba dari jenis pithecanthropus merupakan manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Arti dari Pithecanthropus yaitu Manusia Kera. Berdasarkan umur lapisan tanah di mana fosil ini ditemukan berusia sekitar 30000-2 juta tahun.


Ciri-ciri dari Manusia Purba Pithecanthropus yaitu:
  • Memiliki tinggi berkisar 160-180cm
  • Mempunyai postur badan yang tegap tetapi tidak setegap Meganthropus Palaeojavanicus
  • Mempunyai tonjolan kening yang tebal di sepanjang pelipis
  • Mempunyai otot kunyah
  • Mempunyai hidung yang lebar dan tidak berdagu
  • Jenis makanan terdiri atas tumbuhan dan hewan


Manusia purba dari jenis Pithecanthropus memiliki beberapa jenis yaitu:
  • Pithecanthropus Mojokertensis (Manusia Kera dari Mojokerto), ditemukan oleh Von Koenigswald di kota Mojokerto provinsi jawa timur pada  tahun 1936. Fosil berupa tengkorak, karena ditemukan di Mojokerto maka namanya yaitu Pithecanthropus Mojokertensis.
  • Pithecanthropus Erectus (Manusia Kera berjalan tegak), fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di Trinil, Lembah Bengawan Solo. Manusia purba dari jenis ini sudah mampu berjalan tegak. Fosil yang ditemukan berupa tulang rahang, bagian atas tengkorak, geraham dan tulang kaki.
  • Pithecanthropus Soloensis (Manusia Kera dari Solo), ditemukan oleh  von Koenigswald dan Openorth di daerah Ngandong dan daerah Sangiran, di tepi Sungai Bengawan Solo, pada tahun 1931 - 1933.Karena di temukan di solo maka di namakan Pithecanthropus Soloensis atau manusia kera dari Solo.


3. Homo (Manusia)
Fosil manusia purba dari jenis ini merupakan fosil termuda diantara fosil manusia purba lainnya. Homo erectus memiliki arti Manusia berjalan tegak dan Homo Sapiens artinya manusia cerdas. Fosil ini berada pada lapisan notopurpo dan umurnya berkisar antara 25.000-40.000 tahun.

Homo


Ciri-cirinya yaitu:
  • Memiliki tinggi 130-210cm
  • Memiliki otak yang lebih berkembang
  • Otot kunyah, gigi dan rahang sudah menyusut
  • Tonjolan kening berkurang dan berdagu
  • Mempunyai cirri-ciri ras Mongoloid dan Austramelanosoid


Manusia purba dari jenis Homo terbagi atas beberapa jenis, diantaranya yaitu:
  • Homo Soloensis, fosil manusia purba jenis ini ditemukan Von Koenigswald dan Weidenrich pada tahun 193-1934 dilembah Bengawan Solo. Fosil yang ditemukan berupa tengkorak. Dari Volume Otaknya, diketahui bahwa manusia purba jenis ini bukanlah termasuk kedalam golongan manusia kera (Pithecanthropus).
  • Homo Wajakensis, fosil manusia purba jenis ini ditemukan oleh Dubois pada tahun 1889 di daerah Wajak dekat Tulungagung. Manusia jenis ini sudah mampu membuat alat-alat dan batu maupun tulang. Mereka juga telah mengenal cara memasak makanan. Fosil yang ditemukan berupa tengkorak atas dan beberapa ruas tulang leher. Manusia ini di golongkan sebagai Homo sapiens.
Artikel Penunjang : Zaman Prasejarah Di Indonesia
MANUSIA PURBA DARI ASIA

Penemuan fosil manusia purba di Asia antara lain terdapat di daerah Peking. Nama dari fosil tersebut yaitu Homo erectus pekinensis atau Sinanthropus pekinensis yang memiliki arti Manusia Peking (sekarang Beijing), Cina. Fosil ini ditemukan oleh Davidson Son Black dan Franz Waidenreich pada tahun 1929-1980 didalam gua Zhoukoudian (Choukoutien), dekat Beijing (Peking), Cina. Diduga fosil ini hidup pada 250.000-400.000 tahun yang lalau, pada zaman Pleistosen. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik dan tinggi badan berkisar 165-180cm.

Homo erectus pekinensis

MANUSIA PURBA DARI EROPA

Jenis manusia purba yang ditemukan di Benua Eropa disebut Homo Neandherthalensis yang artinya Manusia Neandherthalensis. Fosil dari manusia purba jenis ini ditemukan oleh seorang peneliti Rudolf Virchow di lembah Neander, Dusseldorf, Jerman Barat pada tahun 1856. Jejak proto-Neandherthal pertama muncul di Eropa pada 600.000-350.000 tahun yang lalu. Selain itu, manusia purba dari jenis Neandherthalensis ini telah mampu berinovasi dan membuat teknologi baru. Hal ini berdasarkan pada situ-situs arkeologi Uluzzian yaitu salah satu kelompok etnis dari Neandherthalensis di Italia Selatan telah ditemukan bebrapa peralatan hidup yang digunakan mereka pada saat itu. Peralatannya terdiri atas alat memancing, berburu, proyektil serta peralatan lainnya dari batu dan tulang. Nah, selain di Jerman fosil manusia purba juga ditemukan di Gua Spy, Belgia. Sedangkan di Prancis sendiri ditemukan jenis manusia purba Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis.

Homo Neandherthalensis


Inilah artikel kita mengenai Manusia Purba di Indonesia, Asia, dan Eropa, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat semua mengenai sejarah J

0 comments:

Post a Comment