Monday, November 2, 2015

Pengertian Piramida Makanan dan Contohnya

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan, kali ini kami akan berbagi ilmu tentang Piramida Makanan, semoga ilmunya dapat bermanfaat, langsung saja ya..

Dalam suatu ekosistem, tumbuhan sebagai produsen memiliki jumlah populasi yang lebih besar dibanding tingkat trofik lainnya. Jumlah popolasi produsen lebih besar dari konsumen I, konsumen II, konsumen III dan seterusnya hingga konsumen puncak. Berdasarkan perbedaan tingkat populasi ini dapat digambarkan sebuah diagram berbentuk piramida, dimana produsen menduduki tingkat terdasar sebagai organisme dengan populasi tertinggi. Selanjautnya diikuti oleh konsumen I, konsumen II dan seterusnya. Selain dari segi perbedaan jumlah populasi piramida makanan juga bisa berbentuk piramida biomassa dan piramida energi.

A. PENGERTIAN PIRAMIDA MAKANAN
Piramida makanan adalah jumlah massa zat dan energi dari produsen sampai dengan konsumen tertinggi yang digambarkan dalam berntuk piramida. Bedasarkan gambaran tersebut, maka jumlah produsen merupakan yang paling banyak, konsumen 1 terbanyak kedua, konsumen 2 terbanyak ketiga, dan seterusnya hingga mencapai konsumen ke 3 yang jumlahnya paling sedikit.
PIRAMIDA MAKANAN
B. MACAM – MACAM PIRAMIDA MAKANAN
1. Piramida Populasi
Pada piramida ini digambarkan bahwa organisme yang menempati tingkat trofik lebih rendah memiliki populasi lebih besar dibanding dengan organisme yang bertingkat trofik lebih tinggi. Dasar dari piramida ini ditempati oleh produsen yang memiliki jumlah populasi yang lebih besar. Sedangkan, ujungnya dihuni oleh beberapa individu konsumen puncak. Dan diantara dasar dan ujungnya diduduki oleh beberapa tingkatan konsumen. Jumlah populasi konsumen I lebih besar dibanding konsumen II, dan konsumen II lebih besar dibanding konsumen III.

Piramida populasi bisa disebut sebagai penyeimbang dari populasi setiap organisme. Sudah sewajarnya organisme yang menjadi mangsa lebih besar jumlahnya dibanding dengan organisme pemangsa. Dengan demikian sumber makanannya tak akan pernah habis. jika sebaliknya jumlah pemangsa lebih besar, maka yang akan terjadi adalah kepunahan dari suatu organisme

2. Piramida Biomassa
Piramida biomassa seperti namanya menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di suatu lingkungan atau habitat tertentu. Kemudian berat dari setiap organisme diukur dalam gram. Pengukuran biomassa pada setiap tingkat trofik berdasarkan berat rata-rata organisme dengan memperkirakan jumlahnya.     piramida ini lebih akurat dalam menunjukkan hubungan kuantitatif biomassa   dalam   suatu  ekosistem.

Ada dua jenis piramida  biomassa  yaitu piramida tegak dan piramida terbalik. Piramida tegak adalah piramida yang massa gabungan dari seluruh produsen lebih besar daripada massa gabungan dari setiap tingkatan konsumennya. Piramida tegak biasanya menggambarkan sebuah ekosistem darat. Sedangkan piramida terbalik adalah piramida yang menggambarkan massa gabungan dari produsen-produsennya yang lebih kecil dari massa gabungan dari konsumennya. Contoh dari piramida ini yaitu ekosistem perairan.
Artikel Penunjang : Rantai Makanandan Jaring – Jaring Makanan
3. Piramida Energi
Pada piramida energi terjadi penurunan energi pada setiap tingkat trofik. Semakin tinggi tingkat trofiknya jumlah energi semakin mengecil. Artinya, produsen sebagai tingkat trofik pertama mempunyai energi yang lebih besar dibanding konsumen-konsumen ditingkat trofik yang lebih tinggi. Semakin mengecilnya jumlah energi pada setiap trofik dikarenakan oleh beberapa sebab. Diantaranya seperti :
Hanya sebagian makanan tertentu saja yang dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
Sebagian makanan yang dimakan tidak bisa dicerna melainkan dikeluarkan menjadi kotoran.
Sebagian makanan   yang   dicerna   menjadi   bagian   dari   tubuh   organisme,
sedangkan sisanya sebagai sumber energi.

Piramida energi memberikan gambaran yang akurat tentang aliran energi pada suatu ekosistem. Energi yang terukur pada piramida ini memiliki satuan   (kal/m2/th).


Nah itulah pembahasan singkat kali ini tentang Piramida Makanan, Semoga ilmunya dapat bermanfaat, apabila masih ada yang belum dipahami silahkan ditanyakan melalui kotak komentar di bawah, terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa follow, komentar, dan likenya J

0 comments:

Post a Comment