Monday, December 3, 2018

Pengertian Tipologi

Pengertian Tipologi. Apa yang dimaksud dengan Tipologi.....? Tipologi berasal dari Tipo yang berarti pengelompokan dan Logos yang berati ilmu. Jadi Tipologi adalah pengetahuan yang berusaha menggolongkan atau mengelompokkan manusia menjadi tipe-tipe tertentu atas dasar faktor-faktor tertentu, misalnya karakteristik fisik, psikis, pengaruh dominan, nilai-nilai budaya, dan seterusnya.

Definisi Tipologi

Secara Umum Tipologi adalah pengklasifikasian suatu objek berdasarkan karateristik tertentu yang terkait dengan objek.

Tipologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan berdasarkan tipe atau jenis. Tipologi merupakan satu bidang studi yang mengelompokkan objek dengan ciri khas struktur formal yang sama dan kesamaan sifat dasar kedalam jenis-jenis tertentu dengan cara memilah elemen-elemen yang mempengaruhi jenis tersebut.

Menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia) Tipologi adalah ilmu watak tentang bagian manusia dalam golongan-golongan menurut sifat masing-masing.

Secara konsepsional mendefinisikan tipologi sebagai sebuah konsep yang mendeskripsikan sebuah kelompok obyek atas dasar kesamaan karakter bentuk-bentuk dasarnya.

Selain itu Tipologi juga dapat diartikan sebagai sebuah tindakan berpikir dalam rangka pengelompokan, yaitu kelompok dari obyek yang dicirikan dari struktur formal yang sama, sehingga tipologi dikatakan sebagai studi tentang pengelompokan objek sebagai model melalui kesaman struktur.

Tiga tahapan yang harus dijalani untuk menentukan satu tipologi, yaitu:
  1. Menentukan bentuk-bentuk dasar yang ada dalam setiap obyek arsitektural;
  2. Menentukan sifat-sifat dasar yang dimiliki oleh setiap objek arsitektural berdasarkan bentuk dasar yang ada dan melekat pada obyek tersebut;
  3. Membantu kepentingan proses mendesain (membantu terciptanya produk baru).

0 comments:

Post a Comment